nusakini.com-- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan, Kamis (22/06) lepas 1.224 orang pemudik secara serentak ke sejumlah daerah tujuan. Peserta mudik terdiri dari pegawai ESDM golongan I dan II serta honorer/outsourcing beserta keluarga masing-masing. Mudik bareng ini dilakukan di 2 tempat yaitu di Jakarta dan Bandung, dengan total 29 bus dan peserta sebanyak 1.414 orang. Daerah tujuan mudik yaitu: Surabaya, Malang, Solo, dan Yogyakarta. 

"Mudik bersama ini merupakan rangkaian acara untuk silahturahmi di bulan suci ramadhan yang merupakan refleksi kepedulian pimpinan KESDM kepada pegawai golongan I dan II" papar Sekretaris Jenderal KESDM, Teguh Pamudji. 

Dalam sambutannya Menteri Jonan mengungkapkan pentingnya keselamatan dalam perjalanan mudik terutama para pengemudi " Pesan saya bagi para pengemudi untuk selalu berhati-hati di jalan, jangan mengejar waktu, apabila mengantuk segera istirahat, terlambat sedikit tidak apa-apa yang penting selamat sampai tujuan"ujar Menteri ESDM. Sebelum melakukan pelepasan, Menteri ESDM mendatangi bis-bis yang akan mudik, untuk memastikan kelengkapan surat dan kelayakan bus. 

Tema yang diangkat mudik bersama 2017 ini adalah "Mudik Bareng Guyub Rukun" merupakan tema yang digunakan untuk seluruh Kementerian dan Lembaga di Indonesia untuk menyambut idul fitri 2017. Mudik bareng guyub rukun merupakan refleksi kepedulian, kebersamaan, kerukunan serta berangkat dari akar budaya pancasila, serta mencerminkan nilai-nilai pancasila yang sejatinya hidup dalam masyarakat Indonesia. 

Mudik bersama ini merupakan kerja sama antara Kementerian ESDM dengan BUMN-BUMN sektor ESDM yang telah berjalan sejak tahun 2014, yaitu PT Pertamina (Persero), PT.PLN (Persero), PT PGN (Persero), PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk, PT Aneka Tambang (Antam) Tbk serta PT.Timah Tbk. (p/ab)